Ayooo.., Membuat perusahaan di sekolah  

Sebagai seorang pelajar, apa salahnya kalau menyempatkan diri untuk membuat perusahaan di sekolah. Membentuk sebuah organisasi perusahaan yang terdiri dari direktur, manajer pemasaran, sampai penjualan laiknya perusahaan besar. Sehingga keinginan kita sebagai seorang pelajar sebagai wirausahawan dapat terfasilitasi.

Untuk membuat perusahaan sekolah bias dimulai dengan membentuk kelompok wirausaha yang terdiri dari 4 sampai 5 orang siswa. Setelah itu mulailah dengan merancang produk. Membuat promosi, hingga menjualnya di pasaran.

Untuk member nama pada produk anda, buatlah nama seunik mungkin. Misalnya “sate jin” ato “es malaikat”. He he he.. tujuannya adalah agar teman anda tertarik untuk mau mencoba. Jika rasanya muantappp, percayalah produk anda akan laris manisss ! Selain makanan, Anda juga bias membuat produk seperti sepatu lukis warna-warni, tas tali, kerajinan batik, sampai anting-anting dan pin. Terserah minat dan kreasi yang anda minati. Karena lingkupnya masih di sekitar sekolah, ciptakanlah produk yang dekat dengan kebutuhan guru atau siswa-siswa. Produk, modal dan pasar. Ketiga hal itu harus menjadi pegangan awal dalam membuat perusahan. Jika produk perusahaan anda ingin menembus pasar luar sekolah. Anda bisa ikut serta dalam pameran-pameran. Mempromosikan produk unggulan yang anda miliki.

Menjalankan perusahaan sama halnya dengan menjalankan sebuah organisasi di sekolah. Jangan jadikan aktivitas perusahaan anda sampai menggganggu aktivitas belajar anda. Sebaliknya dengan membuat perusahaan dalam sekolah, anda bias memetik banyak pelajaran. Utamanya pandangan tentang hidup mandiri. Anda akan terbiasa belajar menentukan sikap dan membuat keputusan sendiri atas sebuah rencana juga permasalahan.

Selain manfaat di atas, kemampuan individu anda juga akan terus meningkat. Seperti semangat berusaha, keberanian menentukan sikap dan mengambil keputusan, serta pandangan ke depan sebagai calon wirausahawan.


Terlepas dari itu semua, hal yan juga penting adalah adanya kemauan dan semangat, serta semangat terus belajar. Selamat mencoba..!