Membangun Jiwa Usahawan  

Negara yang hebat sebab didukung oleh para pengusaha yang berpikiran maju. Peran pengusaha dalam sebuah negara tidak bisa dinafikan, sebab para pengusaha yang membayar pajak, membuka lapangan kerja kemudian berdampak pada kemajuan ekonomi suatu bangsa. Cina bisa maju itu karena didukung oleh para pengusaha.

Jika melihat Indonesia saat ini baru memiliki kurang lebih 400.000 Pengusaha atau 0,18 persen dari penduduk Indonesia. Padahal, untuk bisa maju secara ekonomi suatu negara membutuhkan minimal dua persen untuk dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, upaya menambah jumlah wirausaha harus jadi perhatian serius.

Saya dalam beberapa kesempatan selalu menyarankan agar para mahasiswa jika sebelum masuk kampus terlebih dahulu diperkenalkan dengan dunia kampus, maka sebelum keluar kampus ia terlebih dahulu diperkenalkan dengan dunia usaha. Kita mendatangkan para pengusaha lokal yang terbaik, untuk memberikan tips tentang bagaimana memulai usaha. Kita tidak perlu mendatangkan konglomerat untuk menjadi pembicara, karena mereka akan berbicara dengan sangat makro dan membuat para mahasiwa yang baru akan memulai usaha akan bingung. Cukup kita panggil pengusaha UKM saja, bagaimanapun para pengusaha besar semunya memulai dari UKM, tidak ada pengusaha yang langsung menjadi besar kecuali “pewaris”. Oleh Jusuf Kalla

0 komentar: to “ Membangun Jiwa Usahawan