Mahasiswa mesti “ jual diri ”  

Who am i ? Siapakah anda dan apa latar belakang ilmu anda. Terlepas dari disiplin ilmu apapun, anda sebagai seorang mahasiswa di era saat ini harus pintar menyikapi kesempatan untuk masuk ke dunia kerja dan masyarakat. Salah satunya adalah dengan membekali diri dengan jiwa wirausaha. " or be the technopreneur ".

Konsep wirausaha dan ilmu yang dipelajari harus disesuaikan. Ilmu dasar yang dimiliki harus diarahkan oleh universitas ke arah aplikasi. Ke bentuk yang namanya wirausaha. Tidak sebatas teori. Sebab teori di bangku kuliah tidaklah cukup, kendatipun kelak para mahasiswa akan bergelar insiyur.

Pembekalan di luar kelas seperti pendalaman materi aplikasi bisnis, bisnis manajemen, diskusi dan observasi dari para pemilik pengalaman bisnis jauh lebih penting. Jika tidak ingin melahirkan pengangguran dari dalam kampus. Sehingga pendidikan wirausaha kini semakin dibutuhkan mengingat semakin tingginya angka penggangguran setiap tahun di Indonesia.

Jumlah lulusan semakin banyak dan sayangnya tidak seimbang dengan jumlah lapangan kerja yang ada, sehingga yang dibutuhkan saat ini bukan lagi tenaga kerja tetapi para pembuat pekerjaan. Untuk membuat lapangan pekerjaan, sejak dini mahasiswa harus pintar-pintar mengawinkan ilmu yang mereka pelajari ke bentuk aplikasi produk.