Pesan Buat Generator Akuakultur  

Finding Your Self !

Assalamu alaikum Wr Wb
Salam sejahtera bagi kita semua..

Adik-adikku angkatan 2005, 2006 dan 2007 yang kami cintai...
Hari ini,,,, adik-adik telah melewati sebuah proses pengkaderan. Setelah sebelumnya adik-adik mengikuti Arowana, CME dan diklat keprofesian. Semua itu memang melelahkan. Tapi kesemua proses yang kakak kalian buat itu tidak lain berawal dari sebuah “mimpi”. Mimpi bahwa adik-adik akan menjadi manusia yang seutuhnya. Karena hanya dengan mimpi serta keyakinan bisa membuat manusia berbeda dengan makhluk lain.
Mimpi kami tak lain adalah bagaimana adik-adik bisa berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah manusia yang punya manfaat bagi orang dan lingkungan di sekitarnya. “Bukan Cuma seonggok daging yang hanya punya nama”. Janganlah adik-adik menjadi orang yang biasa-biasa saja tanpa tujuan, mengikuti arus dan kalah oleh keadaan.
Sampai detik ini, di tempat ini,... kami selaku kakak-kakakmu pasti punya salah, baik itu disengaja ataupun tidak, kakak-kakakmu memohon maaf. Kemarahan, kejengkelan dan kedengkian kakak-kakak akan tingkah pola adik-adik selama ini sungguh abstrak bila hanya dilihat dari satu sisi. Sebab nyatanya, di hati kami... rasa cinta dan kasih dari lubuk hati kami yang terdalam hanya menginginkan adik-adik menjadi orang yang berguna bagi lembaga, jurusan, bangsa dan dunia tempat adik-adik berpijak. “perfecto presento by aquaculturo”
Di setiap pengkaderan, adik-adik telah diajarkan soft skill sebagai dasar adik-adik menjalani kehidupan adik-adik ke depan. Sebab, mudah mungkin bagi adik-adik untuk menjadi sarjana perikanan, menjadi pengusaha sukses, ataupun nantinya menjadi penentu kebijakan di negeri ini. Tapi sungguh untuk menjadi orang baik itu tidak mudah...(kami kira adik-adik bisa paham maksud “orang baik” disini).
Selanjutnya buat teman-teman dan dosen yang masih bersentuhan dengan mahasiswa Angkatan 2005,2006 dan 2007, kami titipkan adik-adik kami untuk dibina dan dibimbing agar mampu menemukan jati diri sehingga mampu mengembangkan minat dan bakat mereka untuk membangun perikanan. Sebab tak lama lagi sebagian dari kami akan sibuk dengan urusan penelitian untuk segera menyelesaikan tugas utama sebagai seorang mahasiswa alias sarjana. Oleh karena itu bagi adik-adik silahkan berjalan dan berproses sebaik mungkin. Karena sampai disinilah kemampuan kakak-kakakmu untuk membagi/memberikan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki. Ambil pengetahuan yang baik dan buang yang negatif. Gunakanlah pengetahuan itu sebagai senjata, dan kalau perlu diperbaharui dan ditambah agar pengetahuan adik lebih daripada kakak-kakakmu. Sebab peradaban manusia akan berkembang dan maju jika pengetahuan dan karya generasi sekarang melebihi generasi yang telah ada sebelumnya. Tapi ingat, pengetahuan bukan berarti membuat adik-adik menjadi orang yang sombong. Sebab sekali lagi... tidak mudah menjadi orang baik....
Hari ini matahari bercerita kepada dedaunan taman kampus yang rindang, kepada gedung kampus, juga kepada buku yang dibawa sang dosen, betapa selama ini sang dosen telah menjadikan seseorang bisa berjalan dalam dunia ilmu ke tingkat selanjutnya, membuatkan anak tangga pengetahuan ke setiap anak manusia yang dibimbingnya. Bagaimanapun sang dosen telah berbuat banyak dalam melestarikan ilmu pengetahuan, betapa sang dosen telah banyak menyentuh kehidupan di sekitarnya, dan betapa sedikit manusia yang mengetahuinya dan menghargainya. Untuk itu selain kritis demi perubahan di kampus ini, etika dan penghargaan adik-adik akan dosen tetap dijaga. Karena sedikit banyak, merekalah yang bakal mengantar adik-adik ke dalam dunia ilmu. “Terima kasih dosenku”.
Buat kanda-kanda yang telah meninggalkan kampus ini. Hari ini kader baru perikanan hadir lagi di bumi merah tamalanrea. Terima kasih atas jasa-jasa kanda kepada kami selama ini. Kami selaku kakak-kakanya yang masih hadir di tempat ini, masih yakin bahwa adik-adik kami siap menempuh dan menjalani tugas dan tanggung jawab mereka sebagai mahasiswa perikanan ke depan.
Last but not least.... selamat berjuang adik-adikku... di akhir pengkaderan ini. Kami sangat berharap adik-adik tidak sungkan untuk datang meminta bantuan bila ke depan adik-adik menemui kendala baik dalam akademik, kelembagaan ataupun pekerjaan.

Wassalam...
Salam Mahasiswa
Jayalah Kemapi.....
Jayalah Akuakultur...!

Best Regard
Kanda2mu..S.Pi

1 komentar: to “ Pesan Buat Generator Akuakultur