Apa itu mahasiswa ?  

Pertanyaan itu tiba-tiba terlintas saat daku berjalan menuju kampus tempat mahasiswa dan saya pernah menjadi mahasiswa. Menuntut ilmu berharap bisa mengangkat derajat diri dengan bekal pengetahuan yang diperoleh.
Pertanyaan itu perlahan saya rangkai dalam pikiran. Untuk menemukan jawaban apa itu mahasiswa dari kacamata dan pengalaman saya selama hampir enam tahun berstatus mahasiswa. Dan menurut saya dalam perjalanan itu, mahasiswa adalah insan pembelajar yang sementara memperjuangkan nilai-nilai dasar dalam berkehidupan di tengah masyarakat. Sebuah nilai humanistik bagaimana memanusiakan manusia. Meski dalam kenyataannya persepsi kita tentang ”Humanis” yang diperoleh dari ruang intelektual kampus itu sangatlah beragam. Dari buku, teori dan hasil kajian. Entah itu dari dosen maupun pengamatan dan pengalaman di dunia kelembagaan mahasiswa. Diperoleh lah ilmu dan pengetahuan sebagai bekal dan modal mahasiswa ketika tiba di tengah masyarakat. Untuk diabdikan bukan untuk dipermainkan. Apalagi dimanfaatkan untuk sebuah kepentingan ‘sesat’. Seperti itu mungkin….!!!Selebihnya masih saya pikirkan untuk saya tuliskan. Dan mungkin anda mau menambahnya dalam kolom komentara blog ini. He he he…

1 komentar: to “ Apa itu mahasiswa ?

  • Anonim
    22 Januari 2013 10.49  


    Great web site you have here.. It’s hard to find high quality writing like yours these days. I truly appreciate people like you! Take care!!