Seminar Hasil  

Setelah sekian lama melakukan penelitian dan mengolah hasil penlitian sejak bulan februari lalu, akhirnya tadi siang tepatnya jam 10.45 bertempat di ruang seminar jurusan perikanan, saya berhasil juga mempersentasekan hasil penelitian. Judulnya: Penentuan kepadatan sel Nannochloropsis oculata menggunakan indikator monokrom. Hadirnya tiga puluhan mahasiswa dan di depan pembimbing dan tiga dosen penguji membuat saya bertambah semangat menyampaikan hasil penelitian itu.weitz…! Begitu banyak pernyataan dan kritikan dari dosen penguji, namun akhirnya fase seminar hasil untuk menyandang gelar sarjana, saya lewati juga. Meski ada beberapa perbaikan, tapi saya puas bisa menyampaikan hasil penelitian saya. 2 jam berada dalam ruangan ber-AC tidak membuat saya kedinginan. Justru semangat dan keinginan untuk segera menyelesaikan satu proses menuju sarjana ini membuat tubuh saya “keringatan”. Mungkin sejak pagi belum sarapan. Ditambah lagi pertanyaan dosen yang begitu kritis dalam melihat serta mempertanyakan hasil penelitian saya.
Tapi yah.. akhirnya perjalanan panjang dari proposal penelitian, pelaksanaan penelitian selama satu bulan, sampai ke seminar hasil terlewati juga. Sekarang saatnya menunggu ujian selanjutnya.UJIAN MEJA. Mempertahankan segala penelitian dan pengetahuan saya selama menempuh pendidikan di jurusan perikanan. Detik-detik terakhir yang begitu menentukan. ’Ujian Meja” Santai aja Kaleee... heheheheh..!
Terima kasih adik citra, isma, jen , akmal, dan ima yang telah membantu persiapan seminar hasil penelitian tadi siang. Selepas ujian meja.. barulah kita pikirkan kapan dan dimana kita bisa melepas penat.. setelah sibuk mengurus segala administrasi yang begitu rumit dan berliku-liku. Itupun kalo modalnya cukup. Buat teman-teman 2002 yang telah Spi. Nantikan dan doakan saya yah.. semoga bisa menuju baruga memakai toga bulan enam ini. FIZH ..!!!

2 komentar: to “ Seminar Hasil