pappincara  

Pincara

Ini adalah sebuah alat penyeberangan di kecamatan cenrana. Strukturnya dibangun menggunakan 3 buah perahu yang selanjutnya diatasnya dibangun lantai dari papan. Dengan luas sekira 4 x 6 meter pincara bias mengangkut hingga 50 – 60 orang sekali menyeberangi aliran sungai cenrana yang airnya coklat.

Keberadaan alat penyeberangan ini sangat membantu warga yang bertempat di seberang sungai untuk menyeberangi sungai menuju kota watampone. Tidak hanya hasil bumi, pincara pun melayani motor dan mobil yang hendak menyeberangi sungai menuju desa yang ada di seberang sungai. (labembe, laleng benteng, dare kalukue, kajuara, hingga… labotto).

Namun kini alat penyeberangan ini tinggal menunggu waktu tuk dipensiunkan. Sebab pemerintah kab bone semenjak ramdhan telah melakukan pemasangan tiang pertama pembangunan jembatan penyeberangan guna menghubungkan dua daerah yang sejak dahulu dipisahkan oleh luasnya sungai cenrana.

Terima kasih pincara dan pappincara (orang yang mengemudikan pincara). Betapapun kehadiran jembatan akan mengantikan posisimu. Namun jasa-jasamu terhadap warga yang tinggal di seberang sungai ataupun yang hendak menyeberangi sungai, sungguh tidak dapat dihitung apalagi dilupakan.

5 komentar: to “ pappincara

  • anjaz
    5 Juli 2008 12.34  

    wah...wah..wah... ternyata pincara dikampungku masuk jg di blog..ehheheh saya jg punya foto pincara di cenrana tp ga di posting ke blog....salam blogger kawan...

  • AmmU'
    5 Agustus 2008 23.28  

    Thanks For PappincaraE... kehidupan yang serba sederhana tidak membuatku 'minder' malah membuatku 'bermental baja' dlm meniti perjalanan studyq. My Village... don't worry, I will make you a victorious Village. Tho Phole Cakkeware Mi Kodong....

  • Anonim
    20 Agustus 2008 18.47  

    Assalamu alaikum, Halo Apa kabar,pa hari ini baik-baik aja, aku ngga nyangka ternyata ada temann saya yang satu kecamatan satu sekolah Di SMA 4 Watampone Tapi sayang saya belum ada karena saya masuk SMA 4 Watampone Tahun 2003 Tamat-nya tahun 2006. Oh ya salam ya ma anak-anak disana ya. soalnya sudah lama tidak pernah kembali. sekarang saya kuliah STMIK PPKIA Tarakan .rencana saya mau bikin sebuah jaringan server di SMA 4 Watampone LAngsung Dengan Programnya. bantuin ya. Kalau Mau Kirim Pesan Sama Saya E-mail saya:Hadriansa@ppkia.ac.id,
    a_ns4r@yahoo.com
    Nama Blog Saya Hadriansa.ppkia.ac.id
    Kalo mau Belajar tentang Program Silahkan Lihat Lihat Blog Saya

  • yunuz
    21 Agustus 2008 22.27  

    terima kasih hadriansah... semoga programnya cepat selesai. agar kita bisa berkomunikasi dengan teman2 di SMU 4 watampone. saya 2002.. klo boleh tau hadriansah yang mana yah? ada FS gak?

    keep fight SMUPHATer

  • Anonim
    6 Maret 2013 12.13  

    http://www.msn.com/ - [url=http://www.msn.com/]msn[/url] msn
    msn