ikan laut dalam  


Deep sea angler

Gambar ini saya dapatkan saat praktek kerja lapang (PKL) di stasiun penelitian dan pengembangan teknologi perikanan dan kelautan sul sel di kabupaten Barru. dari bentuknya sih mirip deep sea angler yang sering kita lihat di buku identifikasi ikan atau buku ensiklopedia lainnya.
Ikan ini disebut pula dengan ikan pemancing/ikan lentera. gambar ini saya dapatkan tanpa sengaja saat hendak mengamati larva udang, dengan menggunakan kamera canon A480 di bawah mikroskop. mungkin ini larvanya yah..?
Kalau kita lihat hasil ekspedisi para ilmuwan yang mengeksplorasi kedalaman jurang bawah laut samudera atlantik, bentuknya mirip dengan gambar yang saya temukan di atas. Salah satu ikan baru yang sempat diangkat ke kapal oleh para ilmuwan (Census of Marine Life atau CoML) itu adalah sejenis ikan pemancing (anglerfish) yang memiliki semacam alat pancing untuk menarik mangsanya mendekat. Ikan ini berbeda dengan jenis anglerfish yang umumnya berwarna kuning, berbentuk pipih dan hidup di dasar laut. Ia berwarna cokelat, tubuhnya gembung, dan hidup di kedalaman bagian tengah.www.kompas.com/teknologi/news/0408/09/031040.jpg
Setelah melihat ikan temuan itu coba kembali kita perhatikan dan bandingkan dengan gambar di atas (mirip kan..?). Semoga temuan saya ini bisa memberikan informasi dan bahan buat ilmu hayati dan perikanan indonesia. Mari kita jaga sumber daya alam negeri ini. semoga bermanfaat...!

0 komentar: to “ ikan laut dalam